Berita TerbaruBerita UnggulanTeknologi

SSD Portabel Samsung T9 Resmi, Kecepatan 2 GB Per Detik

LIGAPEDIA.news – Samsung pekan ini memperkenalkan SSD portabel terbarunya. Bernama Samsung T9, produk tersebut ditujukan bagi kreator konten profesional yang membutuhkan media penyimpanan berkecepatan tinggi.

Samsung T9 memang kencang. Kecepatannya diklaim mencapai 2 GB per detik atau dua kali lebih cepat dari Samsung T7 pendahulunya berkat penggunaan interface USB 3.2 Gen 2×2 (20 Gbps). Menurut Samsung, T9 bisa mentransfer file video 4 GB dalam dua detik.

President Memory brand Product Biz Team Samsung Electronics, Hangu Sohn, mengatakan bahwa kreator kini rutin melakukan transfer sejumlah besar data sering dengan meningkatnya konten foto beresolusi tinggi dan video 4K.

“T9 menawarkan solusi bagi profesional dengan memudahkan tantangan mengelola data mereka,” ujar Sohn dalam keterangan tertulis di situs Samsung.

Samsung T9

Samsung T9 tersedia dalam pilihan kapasitas 1 TB, 2 TB, dan 4 GB yang semuanya memiliki kecepatan baca (sequential) 2.000 MB per detik. Sequential write speed versi 1 TB dan 2 TB adalah 1.950 MB per detik, sementara versi 2 TB mencapai 2.000 MB per detik.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PC Magazine, Rabu (4/10/2023), Samsung T9 terbilang ringkas dengan ukuran 88 x 60 x 14 mm. Bobotnya juga ringan, yakni 122 gram sehingga mudah untuk dibawa bepergian.

Bodi bagian luar dari Samsung T9 dilapis karet sehingga disebut tahan jatuh (drop resistant) dari ketinggian hingga 3 meter. Material karet ini memiliki finishing “fabric like” alias terasa mirip kain, dengan desain garis-garis diagonal dan pola karbon.

Samsung ikut menerapkan Dynamic Thermal Guard untuk meminimalisasi penurunan performa dari overheating. Seperti SSD Samsung lainnya, T9 pun kompatibel dengan software Samsung Magician untuk keperluan seperti update firmware dan migrasi data.

Samsung T9 sudah mulai dipasarkan secara global lewat situs Samsung dengan harga 140 dollar AS (Rp 2,2 juta) untuk versi 1 TB. Versi 2 TB dihargai 240 dollar AS (Rp 3,8 juta), sementara versi 4 TB 440 dollar AS (Rp 6,9 juta).

Sumber : tekno.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *