Berita UnggulanBerita ViralMotoGPOlahraga

Tahun Depan Dicoret, Jakarta Baru 2 Kali Jadi Tuan Rumah Formula E

LIGAPEDIA.news – Kalender balap Formula E 2024 sudah dirilis. Tak ada nama Jakarta dalam balapan musim depan. Sejauh ini Jakarta baru dua kali menggelar Formula E.

Nama Jakarta-Indonesia tak lagi masuk dalam kalender balap yang baru dirilis Formula E untuk musim 2024. Dalam laman resmi FIA Formula E disebutkan bahwa seharusnya balapan Formula E Jakarta digelar pada Sabtu 8 Juni 2024.

Namun, di tanggal tersebut rupanya dijadwalkan ada masa kampanye Pemilu 2024. Dikutip laman Kemendagri, tanggal 2-22 Juni 2024 memang masa kampanye tambahan jika terjadi Pilpres putaran kedua. Adapun bila tetap dilaksanakan, akan mengganggu pengiriman logistik kebutuhan penyelenggaraan Formula E di Jakarta.

“Hal ini akan berdampak pada logistik untuk menyelenggarakan balapan di jalanan Ibu kota pada waktu yang sama. Formula E dan pihak berwenang di Jakarta sedang menjajaki kemungkinan untuk mengadakan balapan di kota ini pada tanggal alternatif,” demikian bunyi keterangan resmi Formula E.

Perlu diketahui berdasarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta nomor 30 tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Gubernur nomor 83 tahun 2019 tentang Penugasan kepada Perseroan Terbatas Jakarta Propertindo (Perseroan Daerah) dalam Penyelenggaraan Kegiatan Formula E pasal 3 yang diteken Anies Baswedan 23 Juni 2022, penugasan kepada Jakpro itu berlaku selama tiga tahun sejak Peraturan Gubernur berlaku.

“Jangka waktu penugasan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berlaku selama tiga tahun terhitung sejak Peraturan Gubernur ini berlaku,” demikian bunyi aturannya.

Adapun sejak tahun 2022, Jakarta baru dua kali jadi tuan rumah Formula E. Untuk pertama kalinya, Formula E Jakarta digelar pada 4 Juni 2022. Setahun setelahnya, Indonesia mendapat kesempatan menggelar dua seri Formula E yakni 3 Juni dan 4 Juni 2023.

Gelaran Formula E Jakarta itu digelar di Sirkuit Ancol. Pembangunan sirkuit pun dikebut, bahkan diklaim yang tercepat di dunia. Sirkuit E-Prix Ancol dibangun dalam waktu 54 hari. Meski dibangun dalam waktu kurang dari dua bulan, Sirkuit khusus Formula E sudah sesuai dengan standar dan tetap mengedepankan kualitas. Sirkuit Ancol itu juga sudah mendapatkan homologasi FIA grade 3.

Sumber : oto.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *