YouTube Sebar 17 Fitur Baru, Ada Tab “You” dan Percepat Video Praktis

YouTube_Sebar_17_Fitur_Baru,_Ada_Tab_You_dan_Percepat_Video_Praktis

Ligapedia.news – Platform berbagi video YouTube milik Google mengumumkan seabrek fitur baru. Setidaknya ada 17 fitur baru YouTube yang saat ini sedang digelontorkan secara bertahap ke seluruh pengguna.

Salah satu fitur yang paling mencolok adalah kemunculan tab “You” di aplikasi YouTube versi mobile. Tab anyar ini bisa ditemui pengguna di sebelah pojok kanan bawah pada tampilan utama aplikasi YouTube.

Read More

Sebelumnya, tab ini merupakan tab “Library”, tempat untuk melihat daftar video yang telah diunduh, video yang telah ditonton, dan lain sebagainya.

Nah, di tab You yang baru ini, segala menu dan konten yang ada di menu Library sebelumnya sebenarnya masih ada. Namun, tab tersebut kini digabungkan dengan tampilan profil YouTube yang biasanya bisa diakses melalui menu “Accounts”.

Jadi, tab You versi terbaru ini sekarang lebih terintegrasi dan pengguna bisa mengelola akun YouTube mereka dengan lebih mudah.

Percepat Video Praktis

Fitur Baru YouTube Percepat Video Praktis

Selain tab You, pengguna juga kini bisa menekan dan menahan layar mereka, ketika tengah menonton video, untuk mempercepat video tersebut dalam kecepatan 2x.

Ketika pengguna melepas dari aksi menahan layar ini, video secara otomatis akan kembali ke kecepatan semula, sehingga pengguna akan lebih praktis mempercepat jalannya video.
Sebelumnya, pengguna hanya bisa melakukan hal ini melalui menu pengaturan jendela pemutar video saja, tepatnya melalui menu “Playback speed”.

Selain dua fitur di atas, YouTube juga kini bisa digunakan untuk mencari lagu berdasarkan suara atau senandung acak, serta memiliki animasi anyar di berbagai elemen visual yang lebih mulus dan memanjakan mata.

Ada pula fitur Stable Volume untuk memperkecil suara video ketika terdeteksi ada suara cempreng, gambar video (thumbnail) yang lebih besar, kolom deskripsi video yang diperbarui, serta fitur mengunci layar ketika sedang menonton video.

Selengkapnya, simak 17 fitur baru yang bisa ditemui di situs web atau aplikasi YouTube di berbagai platform dan perangkat.

Menurut pihak YouTube, semua fitur ini tengah digelontorkan secara bertahap kepada seluruh pengguna di dunia. Artinya, jika pengguna belum mendapatkan fitur ini, mereka agaknya harus bersabar sedikit hingga beberapa waktu ke depan.

Berdasarkan pengamatan sebagian besar fitur tersebut sudah bisa dijajal di Indonesia, seperti kehadiran tab You, mempercepat video dua kali dengan menekan layar, dan lain sebagainya.

Namun, kami belum mendapatkan sejumlah fitur lain seperti fitur Stable Volume, fitur kunci layar ketika menonton video, dan beberapa fitur lainnya.

Fitur Fitur Yang Akan Tersedia

  1. Menekan layar untuk meningkatkan kecepatan video hingga 2x dari biasanya.
  2. Tab You baru yang menggabungkan tab atau menu Accounts dan Library.
  3. Mencari sebuah lagu dengan suara atau senandung acak.
  4. Thumbnail video preview yang lebih besar.
  5. Fitur getaran ringan (haptic) untuk kembali ke awal video ketika sedang menelusuri titik waktu alias timestamp di sepanjang video.
  6. Stable Volume untuk mengurangi besar suara ketika terlalu kencang atau cempreng.
  7. Menu vertikal untuk tampilan YouTube di perangkat Smart TV.
  8. Mengunci layar agar tidak terganggu ketika sedang menonton YouTube di smartphone.
  9. Desain dan animasi baru di tampilan ketika membuka YouTube dan beberapa elemen YouTube lainnya.
  10. Mode Ambient kini tersedia di tampilan antarmuka atau tema terang dan mode layar penuh (full screen).
  11. Menu pengaturan (Settings) jendela pemutar video yang lebih tertata rapi.
  12. Kolom deskripsi video yang diperbarui dan bisa digulir (scrollable).
  13. Bisa menekan tautan di kolom deskripsi video untuk menyalinnya.
  14. Meningkatkan fitur text formatting untuk para kreator YouTube.
  15. Tombol “Like” dan “Subscribe” kini akan muncul dan ditunjukkan dengan animasi apabila disebutkan di dalam video.
  16. Animasi baru untuk komentar terbaik dan untuk memperbarui (refresh) tiap komentar anyar.
  17. Pembaruan terkait jumlah likes dan views dalam sebuah video untuk 24 jam terakhir setelah diunggah.

Sumber : tekno.kompas.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *